Friday, April 12, 2024

Sinopsis "Panduan Perdagangan Sehat di Sekitar Sekolah - Susy Katikana Sebayang" Bahasa Indonesia

 Panduan Perdagangan Sehat di Sekitar Sekolah
by: Susy Katikana Sebayang, S.P., M.Sc., Ph.D

Cara menjadi warung sehat; menghilangkan dan menolak iklan/promosi produk tidak sehat, menyediakan dan menonjolkan alternatif produk sehat, menawarkan produk sehat kepada anak dan remaja, menolak menjual rokok pada anak dan remaja, dan memberikan pesan kesehatan pada mereka.

Keuntungan menjadi warung sehat; beragamnya pilihan produk, menjadi warung yang taat hukum, membantu menyehatkan Masyarakat, menurunkan jumlah perokok dan angka obesitas/kegemukan serta resiko penyakit lainnya, juga mendapat promosi sebagai Warung Sehat.

Hak yang didapatkan; pelatihan menjadi Warung Sehat untuk pedagang dalam radius 250m dari sekolah, promosi warung sehat dari Dinas, dan penandaan warung sehat disertai stiker.

Hal ini sesuai dengan peraturan yang berlaku; undang-undang no. 8 tahun 1999, undang-undang no. 18 tahun 2012, peraturan pemerintah no. 109 tahun 2012, peraturan pemerintah no. 86 tahun 2019, dan peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan RI no. 64 tahun 2015.

Faktor yang menarik pelanggan; tempat yang bersih, makanan yang sehat, produk yang lengkap, dekat sekolah/rumah, tempat yang nyaman, dan harga yang murah disertai promo.

Produk sehat adalah sesuatu yang bersifat sehat dan menunjang kesehatan bagi penggunanya, bisa berupa makanan, minuman, serta barang yang baik untuk kesehatan. Contohnya; sayur dan buah, susu, air putih, protein nabati (tempe, tahu, dan kacang), protein hewani (ayam, telur, ikan, daging sapi & daging kambing), serta cemilan sehat (singkong rebus, getuk, dan cenil).

Produk tidak sehat adalah sesuatu yang dapat membahayakan kesehatan manusia baik secara fisik, mental, spiritual, atau pun sosial. Contohnya; rokok, makanan dan minuman tinggi gula, tinggi garam, tinggi lemak, juga makanan dan minuman yang mengandung 5P (pemanis, pewarna, penyedap, pengawet, dan pengenyal) sebagaimana makanan cepat saji dan mie instan.

Produk tidak sehat dapat membawa dampak buruk bagi anak dan remaja; penyakit jantung, obesitas/kegemukan, diabetes, hipertensi, bahkan penyakit kanker.

Cara berdagang di warung sehat; letakkan produk sehat di tempat yang mudah terlihat, tolak tawaran iklan produk tidak sehat, beri nama yang menarik, tambahkan alternatif produk sehat seperti makanan dan minuman rendah gula atau bertanda centang hijau “pilihan lebih sehat” dari BPOM, berikan pesan kesehatan (perilaku hidup sehat) seperti mencuci tangan dengan sabun,

Makanan dan minuman yang terlalu manis, terlalu asin, dan berlemak, sangat tidak sehat dan berbahaya bagi tubuh. Batasan maksimal konsumsi gula, garam, dan lemak, sesuai Permenkes no. 30 tahun 2013; 4 sendok makan (50gr) gula, 1 sendok the garam (5gr), dan 5 sendok makan lemak (67gr).

Makanan dan minuman tidak sehat dapat menyebabkan penyakit; makanan dan minuman kotor dapat menyebabkan sakit perut, makanan dan minuman berpengawet dapat mengakibatkan kerusakan organ dalam (hati, paru, otak, dsb), makanan dan minuman terlalu gurih/manis dapat memicu stroke.

Za-zat berbahaya dalam rokok; nikotin (membuat kita kecanduan dan sulit berhenti merokok), tar (penyebab kanker/karsinogenik), dan karbon monoksida (gas beracun yang dapat menurunkan kadar oksigen dalam darah).

Perokok pasif adalah orang yang tidak merokok secara langsung tapi menghirup asap rokok orang lain dalam satu ruangan tertutup, dimana ia juga beresiko terkena penyakit kanker, serangan jantung, dan stroke.

Pilihan menu alternatif: sate buah, jus buah tanpa gula, minuman dengan potongan buah (infused water), es krim buah, roti goreng isi, juga nugget tempe.

Anak Sehat Pedagang Untung!


Note:
- dikhususkan bagi yang sudah membaca bukunya [sebagai pengingat].
- bagi yang belum membaca bukunya, amat disarankan untuk membacanya [jika tertarik], sebab setiap penulis memiliki cara penyampaiannya sendiri-sendiri.


0 comments:

Post a Comment

 
;