Friday, August 25, 2023

Sinopsis "Blue Ocean Shift - W. Chan Kim & Renee Mauborgne" Bahasa Indonesia

 Blue Ocean Shift
by: W. Chan Kim | Renee Mauborgne

Industri orkestra pemuda nasional NYOI dan pembuat kentang goreng Groupe SEB, menunjukkan pentingnya pergeseran dari persaingan pasar ke penciptaan ruang pasar baru. Menanggapi masalah penjara, pemerintah Malaysia beralih ke Konferensi National Blue Ocean Strategy (NBOS) pada 2009, dan lahhirlah Community Rehabilitation Program (CRP). Dalam organisasi, esensi strategi adalah perimbangan untung-rugi antara nilai dan biaya (samudra merah : langkah persaingan pasar), dan CRP hadir sebagai pergeseran (samudra biru : langkah penciptaan pasar). Tiga komponen pergesaran samudra biru; sudut pandang, alat penciptaan pasar, dan kemanusiaan.

Karena sejarah bisnis menunjukkan bahwa ada banyak kasus kedua jenis penggantian; penghancuran kreatif dan inovasi distruptif, kami gunakan istilah penciptaan distruptif. Dan Sesame Street, Viagra, dan Pelatihan Kehidupan, menunjukkan adanya penciptaan nondistruptif; menciptakan ruang pasar baru tanpa mendistrupsi pasar yang ada. Model holistic strategi penciptaan pasar yang merangkul penciptaan disruptif dan nondisruftif. Terdapat tiga dasar strategi penciptaan pasar; menawarkan pemecahan baru untuk masalah yang sudah ada (Mp3 dan foto digital), mendefinisikan kembali satu masalah dan memecahkannya (Andre Rieu dan Cirque du Soleil), dan mengidentifikasi serta memecahkan satu masalah baru (Viagra dan Ringtone). Kisah MITS dan Ampex mengungkapkan pentingnya memusatkan perhatian pada inovasi nilai dan bukan inovasi teknologi. Tidak penting industri apa yang Anda geluti atau apakah Anda menganggap diri sebagai wiraswasta atau tidak, kita semua memiliki potensi untuk melihat melebihi apa yang ada ke apa yang mungkin ada.

Terdapat dua langkah strategis, satu bisnis ke konsumen (B2C) nirlaba, dan satunya lagi bisnis ke bisnis (B2B). Red Nose Days dari Comic Relief merupakan contoh yang baik untuk mempertanyakan mengenai keadaan pemikiran Anda sendiri. Dari sector B2B, CRM (customer relationship management) Salesforce.com merupakan contoh yang baik. Ahli strategi Samudra biru; berusaha mengubah kondisi industri agar menguntungkan, berusaha membuat persaingan jadi tak relevan, fokus menciptkan (meraih) permintaan baru, mengejar diferensi dan biaya rendah sekaligus. Dari itu, penting untuk memperluas medan pandangan.

Proses menggagas dan melaksanakan pergeseran Samudra biru melibatkan kemanusiaan. Alat dan kerangka menyediakan sarana spesifik untuk menciptakan dan menciptakan kembali pasar. Tiga unsur yang mewakili aspek kemanusiaan; atomisasi, penemuan langsung, dan penerapan proses adil, merupakan proses penting menuju Samudra biru. Langka pertama: mulailah melalui peta printis-pejalan-penetap. Langkah kedua: pahami di mana Anda berada sekarang melalui kanvas strategi. Langkah ketiga: bayangkan di mana Anda dapat berada melalui peta pembeli dan tiga tingkat non-konsumen. Langkah keempat: cari tahu cara ke sana melalui kerangka enam jalur dan kerangka empat aksi. Langkah kelima: lakukan pergerakan melalui pameran saudra biru. Ketika Anda menyeimbangkan hati dan pikitan, Anda mendapati tangan: Orang-orang bertindak.

Cari tahu bisnis (produk/jasa) yang akan Anda garap menggunakan peta perintis-pejalan-penetap: menggantikan pangsa pasar dan daya tarik industri dengan “nilai” dan “inovasi”. Kenali bisnis Anda, termasuk printis-pejalan-penetap, dan petakan pertofolio Anda. Tujuan portofolio adalah menciptakan keseimbangan sehat antara bisnis hari ini—penetap yang memberi uang dan kestabilan pemasukan—dan perintis yang menjadi mesin pertumbuhan masa depan.

Menyusun tim yang tepat untuk melaksanakan inisiatif Samudra biru itu amat penting. Diperlukan perwakilan dari semua pihak dalam tim, yang terlibat langsung dalam visi pergeseran Samudra biru. Perlu adanya orang yang dikenal membantah (peragu) dalam tim, namun tidak mendominasi. Perlu juga adanya pemimpin tim yang mampu memobilisasi banyak bagian organisasi pada inisiatif. Untuk organisasi disfungsional; libatkan penasihat.

Untuk menyadari keadaan industri Anda saat ini, Kanvas strategi hadir sebagai halaman bentuk penawaran kepada pembeli. Ia memungkinkan Anda menangkap dan menampilkan gambar makro keadaan industri tanpa tersesat dalam rincian teknis perbedaan operasional kecil-kecil. Penting untuk menekankan focus, perbedaan, dan slogan, dalam profil strategis Anda. Kanvas strategi merupakan penilaian diri sendiri, bukan survei konsumen. Intinya adalah terus menerus menjabarkan penawaran dan faktor-faktor persaingan utama dari sudut pandang pembeli, bukan pemasok. Gunakan pesaing-pesaing terkuat sebagai pembanding dalam kanvas strategi, dan berikan nilai bagi faktor-faktor persaingan utamanya. Ketika kanvas strategi menunjukkan profil “ikut-ikutan” atau kalah unggul dibanding pesaing, timbul kesadaran bersama akan perlunya perubahan

Kesulitan yang ditimbulkan suatu industri bagi pembeli; titik menyakitkan--yang seringkali tersembunyi—bukanlah halangan, melainkan kesempatan untuk mengubah arena strategi melalui peta utilitas pembeli (buyer utility map). Awali dengan Enam Tahap Daur Pengalaman Pembeli (pembelian, pengiriman, penggunaan, pelengkap, pemeliharaan, dan pembuangan) dan Enam Tuas Utilitas Pembeli (produktivitas konsumen, kesederhanaan, kepraktisan, pengurangan risiko, keasyikan & citra, dan ramah lingkungan), lalu temukan halangan utilitas pembeli. Pada peta utilitas pembeli, berikan tanda “X” sebagai titik menyakitkan yang menghalangi utilitas pembeli dan tanda “O” sebagai ruang utilitas yang sekarang menjadi fokus industri. Padukan kanvas strategi dan peta utilitas pembeli, serta pastikan Anda melihat hal yang sama sebagaimana pembeli melihat dan alami. Setelah mempelajari peta utilitas pembeli dan kepercayaan kolektif diciptakan, maka tim eksekutif diberitahu hasilnya.

Seperti dimengerti Square, Comic Relief, Salesforce.com, dan banyak lainnya, semesta nonkonsumen bukan hanya ada, melainkan menyediakan kesempatkan pertumbuhan yang luas. Terdapat tiga tingkat nonkonsumen: yang segera menjadi, yang menolak, dan yang belum dijajaki; kenali mereka. Dapatkan perkiraan kasar atas seberapa penting potensi tiap tingkat bagi organisasi, bila bisa dimanfaatkan.

Kerangka enam jalur (six paths framework) hadir untuk merekonstruksi batas-batas pasar—secara sitematis. Enam jalur untuk membuka garis depan nila-biaya baru: lihatlah industri alternatif, lihatlah berbagai kelompok strategis dalam industri Anda, lihatlah melampaui rangkaian pembeli dan definisikan kembali kelompok pembeli industri, lihatlah penawaran produk dan jasa pelengkap, pikirkan kembali orientasi fungsional-emosional industri Anda, dan ikutlah dalam membentuk tren luar seiring waktu. Mulailah dengan gambaran besarnya, bagi tim menjadi dua bagian, damping mereka menelusuri keseluruhan kerangka, jelaskan bagaimana proses berjalannya, apa langkah selanjutnya.

Setelah penjelajahan pasar dengan enam jalur, Kerangka Empat Aksi hadir untuk menerjemahkan temuan penelitian pasar menjadi pilihan strategi nyata untuk mencapai diferensi sekaligus biaya rendah; Hapuskan (factor apa yang dianggap wajar oleh industri namun harus dihapuskan?), Kurangi (faktor apa yang harus dikurangi sampai di bawah standar industri?), Naikkan (factor apa yang harus dinaikkan sampai di atas standar industri?), dan Ciptakan (factor apa yang tak pernah ditawarkan industri namun harus diciptakan?). Hal ini sebagaimana kasus citizen (hotel bintang lima seharga hotel bintang tiga); mengambil wawasan utama dari jalur, mencari factor HKNC, mengejar diferensiasi dan biaya rendah, gambarkan alternatif samudra biru anda.

Langkah kelima: buat Gerakan, melalui pameran samudra biru. Awali dengan kanvas strategi perlunya pergeseran Samudra biru, presentasikan pilihan-pilihan strategis samudra biru, minta hadirin mengunjungi semua pos dan memberi suara, cari masukan dan pembelajaran sebanyak-banyaknya, dan putuskan pilihan Samudra biru yang akan dilaksanakan. Kimberly-Clark Brazil (KCB) merupakan salah satu contoh pameran samudra biru melalui Just One Hug, yang segera melakukan tes penawaran selesai pameran.

Sesudah memilih langkah Samudra biru dan potensi pasarnya, lanjutkan dengan model bisnis gambaran besar; factor-faktor yang akan dinaikkan yang menambah biaya bagi organisasi, diikuti dengan sasaran margin keuntungan yang hendak diraih. Untuk menanggapi sasaran biaya yang menantang, tanyakanlah; “Siapa yang bisa menjadi mitra kita?”, “Bagaimana kita bisa merampingkan dan melakukan inovasi operasi?”, “Bagaimana kita bisa melipatgandakan energi positif dan kontribusi orang?”. Strategi yang paling bijak adalah mulai di skala kecil - lalu bergerak cepat dan luas, sebagaimana Apple dan citizenM, disertai pengertian bahwa penyesuain merupakan hal yang wajar dalam membangun kesempurnaan.

Pada 2008, Malaysia membentuk sebuah organisasi nirlaba bernama Malaysia Ocean Strategy Institute (MBOSI), dengan prinsip; dampak besar, biaya rendah, dan pelaksanaan cepat, dimana pada 2017 lebih dari 100 inisiatif telah diluncurkan. Hal ini sebagaimana proyek NBOS (tim lintas lembaga/kementrian), CRP (komunitas narapidana), UTC (pusat pelayanan), MaGIC (dukungan wiraswasta), iM4U (pemuda sukarelawan). Komunitas global, terutama pemerintah negara-negara berkembang, memperhatikan dan meminta pemerintah Malaysia membagi pengalaman.

 

Note:
- dikhususkan bagi yang sudah membaca bukunya [sebagai pengingat].
- bagi yang belum membaca bukunya, amat disarankan untuk membacanya [jika tertarik], sebab setiap penulis memiliki cara penyampaiannya sendiri-sendiri.


0 comments:

Post a Comment

 
;