Friday, February 24, 2023

Sinopsis "Passion itu Diperaktekkin - Tim Wesfix" Bahasa Indonesia

Passion itu Diperaktekkin
by: Tim Wesfix

Motivasi yang datang dari luar tak akan sekuat motivasi dari dalam. Passion adalah tentang energi yang tak bisa ditukar dengan apa pun, kecuali dengan kepuasan dan kebahagiaan eksistensial. Hal ini sebagaimana kisah Maureen dan Tony yang melahirkan Lonely Planet. Hidup ini adalah milik Anda, dari itu ciptakan dan tentukan sendiri aturan-aturan untuk hidup Anda. Hal ini membutuhkan openmind (terbuka pada ide-ide baru), pertanggungjawaban terhadap diri sendiri, dan kerja keras. Passion tidak bisa disamakan dengan tidak bekerja, sebaliknya, passion adalah kerja itu sendiri. Budidayakan passion Anda, sebab Anda tidak bisa sekadar mengikuti apa yang Anda sukai. Ukuran dari passion adalah kepuasan alias kebahagiaan yang bersifat menetap (permanen), dimana hati Anda tak akan tertipu.

Merumuskan tujuan hidup adalah cara yang paling sederhana untuk menolak menjadi “sekadar orang”. Bayangkan apa yang Anda rasakan andai besok Anda mati, idealisme apa yang ingin Anda sampaikan pada seorang anak kecil, dan cobalah melamunkan hal-hal membahagiakan. Tjuan hidup memang sesuatu yang letaknya melampaui uang, sehingga passion bisa diukur juga dari kerelaan Anda untuk tidak dibayar.

Dari sekian banyak proses, yang paling utama adalah dengan membuka diri pada berbagai hal. Lihat baik-baik dan fokuslah pada hal yang paling Anda minati. passion adalah sesuatu yang perlu dibudidayakan, dan Malcolm Galdwell mengakumulasikan 10.000 jam.

Kebahagiaan adalah sinyal. Salah satunya, Anda akan bahagia, ketika integritas (citra diri) Anda tetap tak dilanggar. Tujuan hidup Anda adalah juga idealisme diri Anda. Ciri paling utama dari mengejar passion adalah kemauan untuk melompat, menerobos, dan meninggalkan batas-batas kenyamanan Anda: paradigm shift. Dengan passion, Anda tahu bahwa kenyamanan bukan tentang uang, ia adalah tentang MERAIH TUJUAN HIDUP. Buatlah perencanaan bagaimana Anda akan meraih tujuan hidup Anda melalui target-target mingguan. Ada yang Anda dapatkan, dan ada yang perlu Anda relakan. Ini harus selalu Anda sadari. Evaluasi diri adalah bagian yang sangat penting (disertai ibadah).

Setiap dari Kita Istimewa dan Seringkali passion memandu secara mistis, Anda juga bisa mengenali passion Anda dari hal-hal yang sering Anda tunda. Kreativitas merupakan ciri kuat sebuah passion: mengenali, mereplikasi, dan memodifikasi. Cobalah untuk mendekonstruksi kotak pikiran Anda, atau kotak “ekosistem” Anda. Jangan pernah membandingkan diri Anda dengan orang lain, karena kemampuan Anda tidak bisa diukur dengan kesuksesan orang lain.

Anda perlu bersosialiasi dengan orang-orang yang memiliki kesamaan passion, juga sparing partner untuk mengembangkan kualitas usaha masing-masing, dimana passion bukan sekadar melakukan hal yang Anda suka. Ingatlah Ad Maiora Natus Sum: Aku Terlahir untuk Hal-hal yang Lebih Besar, disertai uoaya afirmasi positif setiap harinya. ngat kembali hari-hari awal Anda. Saran dari orang tercinta juga memiliki daya guna tersendiri. Cobalah mengembangkan wawasan Anda, rancanglah sebuah petualangan.

Ketika berpikir untuk resign demi passion Anda, gunakanlah rasio dan bukannya emosi dalam mempertimbangkannya. Gunakalan prinsip 80/20 Vilfredo Pareto dalam perhitungan hukum dan ekonomi. Meskipun banyak yang mengatakan bahwa sebaik-baik pekerjaan ialah hobi, Hugh Mc.Leod dalam bukunya Ignore Everybody mengungkapkan bahwa kebanyakan orang justru mengalami sebaliknya. Jika memang passion membisikkan sebuah ambisi, buatlah perencanaan yang matang, dan upayakan realisasinya.

Sinyal pertama yang menandakan Anda mulai kehilangan passion Anda adalah ketika Anda kecanduan sesuatu, buruknya manajemen waktu Anda, mudah melupakan banyak hal, dan gampang menyerah. Bersosialisasilah: Teman dapat menjadi semacam dokter yang menyembuhkan Anda. Relaksasi: Pastikan Anda benar-benar punya waktu luang untuk melemaskan diri Anda. Tanda kesemangatan adalah: apakah Anda masih bisa jatuh cinta?!

Sebagaimana hero, passion pun sebenarnya merupakan sebuah panggilan diri, yang ditanggapi. Tantangan pun datang, dan seringkali mengalahkan kita, sehingga kita pun terjatuh. Namun kita Kembali bangkit dengan evaluasi dan persiapan lebih matang, dan cobaan pun datang. Dengan kesabaran dan ketekunan, titik cerah cerah pun datang: kita merasa mantap dengan jalan tersebut. Dan ketika musuh terberat tiba untuk menyerang titik terlemah, sadarilah bahwa passion Anda telah membawa Anda pada sebuah kenyataan menyenangkan: hidup yang lebih hidup.

 

Note:
- dikhususkan bagi yang sudah membaca bukunya [sebagai pengingat].
- bagi yang belum membaca bukunya, amat disarankan untuk membacanya [jika tertarik], sebab setiap penulis memiliki cara penyampaiannya sendiri-sendiri.


0 comments:

Post a Comment

 
;