Saturday, October 6, 2018

Sinopsis "Abu Bakar Al-Shiddiq" Bahasa Indonesia


Abu Bakar Al-Shiddiq
By: Khalid Muhammad Khalid

Abu Bakar adalah seorang laki-laki yang memiliki kedudukan terhormat di hadapan kaum Quraysi di Makkah, dimana beliau sering duduk-duduk bersama Qais ibn Sa’idah, Zaid ibn ‘Amr, ibn Nufail, dan Waraqah ibn Naufal, yang sama-sama menjunjung tinggi ajaran Ibrahim. Beliau menjauhi berhala-berhala dan suka bertafakkur dengan petuah-petuah kebijaksanaan, dimana beliau memiliki kekuatan hafalan yang mengagumkan. Beliau juga berkawan dekat dengan Muhammad, dan segera mengimani seruan Muhammad yang telah menerima wahyu.

Dalam urusan perniagaan ke syam, Abu Bakar sebagai sosok yang penyayang dan berhati lembut, menemui pendeta-pendeta yang dikenalnya untuk mendengarkan lantunan dan rintihan yang menggambarkan kedatangan Rasulullah. Dan sebelum beranjak pulang, beliau bermimpi melihat rembulan turun ke kamarnya. Di sela-sela perjalanan, beliau meminta dilantukan syair Umayyah ibn Abi Shalt, dimana setibanya di Makkah, Abu Jahal menyambut beliau dengan mengungkapkan apa yang diberitakan Rasulullah dan beliau menjawab; “Jika Muhammad berkata demikian, sungguh benarlah ia”. Setelah beristirahat di rumah, beliau segera pergi menemui Rasulullah dan menyatakan keislamannya, disusul oleh ‘Utsman ibn ‘Affan, Zubair ibn ‘Awwam, ‘Abdurrahman ibn ‘Auf, Sa’ad ibn Abi Waqqash, dan Thalhah ibn ‘Ubaidillah. Mendapati orang-orang kafir Quraysi datang ke rumahnya untuk mengabarkan ke-Isra’-an Rasulullah, beliau dengan tenang membenarkan dan segera menemui Rasulullah yang tengah menghadap Ka’bah, mengungkapkan kebenarannya. Mendapati Rasulullah hendak berhijrah, beliau merasa sangat bahagia bisa menemani, dimana saat bersembunyi di gua beliau yang dilanda kegelisahan mendapatkan ketenangan dari Rasulullah. Ketika Rasulullah melakukan perjanjian Hudaibiyyah, beberapa muslim menunjukkan keberatan mereka termasuk Umar yang menunjukkan sikap kesangsiannya pada Rasulullah, dimana beliau yang menunjukkan keyakinannya atas Rasulullah berhasil menenangkan Umar. Dalam perang Badar, beliau yang menemani Rasulullah di tenda berusaha melapangkan Rasulullah saat selendang Beliau terjatuh ketika memanjatkan doa. Mendapat kabar kematian Rasulullah, beliau mengucapkan istirja’ dan segera pergi ke tempat Rasulullah kemudian menenangkan kaum muslimin dengan mengucapkan; “Wahai sekalian manusia, barangsiapa yang menyembah Muhammad, ketahuilah sesungguhnya Muhammad telah wafat. Dan barangsiapa menyembah Allah, sesungguhnya ia mahahidup dan tak akan pernah mati.”, diikuti dengan membaca Q.S. Ali Imran: 144.

Sebelum terjadinya Peristiwa Tsaqifah, Rasulullah yang tengah sakit menyerahkan pengimaman pada Abu Bakar, dimana beliau menyarankan dua nama yakni Umar ibn Al-Khaththab dan Abu ‘Ubaidah ibn Al-Jarrah. Mendapati hal itu, Umar yang terharu mengungkapkan dukungannya untuk menjadikan beliau sebagai khalifah, yang diikuti oleh kaum muslimin. Menanggapi gerakan pembangkangan kaum muslimin yang menolak membayar zakat, beliau memutuskan untuk memerangi mereka hingga akhirnya bermusyawarah. Menyikapi pasukan dibawah kepimimpinan Usamah ibn Zaid menuju Syam, beliau memutuskan untuk tetap memberangkatkan mereka meskipun Umar dan Usamah sendiri berkeinginan untuk kembali. Mendapati Umar bersikeras agar kepemimpinan Usamah digantikan, beliau menegur Umar dengan keras, dan kemudian pergi mengantarkan Usamah beserta pasukannya. Disaat pemberontakan semakin menjadi, muncullah nabi-nabi palsu seperti Musailamah Al-Kadzab. Dimana dalam Perang Uhud, Rasulullah memerintahkan beliau untuk menyarungkan pedangnya.

Saat menaiki mimbar, Abu Bakar menunjukkan kesederhanaannya dengan mengatakan “sekarang aku memimpin urusan kalian, padahal aku bukanlah yang terbaik diantara kalian. Patuhilah aku selama aku menaati Allah dan Rasul-Nya”. Menanggapi maksud kedatangan Fathimah dan Abbas, beliau mengungkapkan sabda Rasulullah; “Kami, para Nabi, tak akan mewariskan apa pun, sebab semua yang kami tinggalkan adalah sedekah”. Untuk kebutuhan sehari-hari, beliau pergi ke pasar hingga beliau menerima hak dari Baitul Mal, dimana ketika mengetahui sumber makanan yang diberikan budaknya beliau segera berusaha memuntahkannya. Sebelum meninggal, beliau berwasiat agar ‘A’isyah mengembalikan harta kelebihannya pada kaum muslimin, yaitu seekor unta, mangkok, dan sehelai kain. Beliau juga pernah berselisih dengan Rabi’ah Al-Aslami dan Umar disebabkan ucapannya.

Abu Bakar dalam kesederhanaan sebagai seorang pemerah susu untuk para wanita lanjut usia dan pembuat adonan roti untuk anak-anak yatim. Bahkan Rasulullah memuji kebesaran kasih sayang beliau. Beliau juga banyak membebaskan budak-budak yang mendapatkan siksaan keras di awal Islam. Sepeninggal beliau, Umar mengunjungi Asma’ binti Umais yang mengungkapkan mencium aroma hati yang terpanggang. Secara fisik, beliau berkulit putih, berbadan kurus, pelipis tampak cekung, punggung agak bungkuk, wajah kurus, mata cekung, dahi menonjol, dan urat-urat di tangannya kelihatan timbul. Menanggapi pujian dan sanjungan, beliau berdoa; Ya Allah, jadikanlah hamba lebih baik daripada apa yang mereka sangkakan. Ampunilah dosa hamba yang tidak mereka ketahui. Dan janganlah engkau menyiksa hamba atas apa yang mereka katakan.



Note:
- dikhususkan bagi yang sudah membaca bukunya [sebagai pengingat]
- bagi yang belum membaca bukunya, amat disarankan untuk membacanya [jika tertarik], sebab setiap penulis memiliki cara penyampaiannya sendiri-sendiri.

0 comments:

Post a Comment

 
;