Friday, April 27, 2018

Sinopsis "Retire Young Retire Rich" Bahasa Indonesia


Retire Young Retire Rich
By: Robert T. Kiyosaki

Manfaatkanlah daya ungkit sebaik mungkin. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menggunakan kekuatan pikiran Anda untuk membuat Anda kaya. Seperti dikatakan ayah kaya, “satu perbedaan besar antara kaum kaya dan kaum miskin adalah bahwa orang miskin berkata “saya tidak sanggup membelinya” lebih sering dibanding orang kaya.” Menurut saya yang lebih penting dari bagaimana adalah mengapa kita melakukannya. Jadi duduklah dengan tenang kemudian temukanlah apa yang Anda sukai dan benci. Kemudian tuliskanlah alasan-alasan Anda. Tuliskanlah impian, tujuan, dan rencana Anda untuk mencapai kebebasan finansial, pensiun dini, dan pensiun semuda mungkin.

Tanpa menghiraukan apakah Anda bisa pensiun dini atau tidak, saya menyarankan agar Anda menyediakan paling sedikit satu jam setiap bulan untuk sungguh-sungguh memikirkan hidup Anda. Orang miskin dan kelas menengah sulit menjadi kaya karena mereka berusaha menggunakan uang mereka sendiri untuk menjadi kaya. Kalau Anda ingin menjadi kaya, Anda perlu tahu cara menggunakan uang orang lain untuk menjadi kaya,  bukan uang Anda sendiri.

Daya ungkit sejati adalah kemampuan untuk terus-menerus melakukan semakin banyak (more and more) dengan semakin sedikit (less and less). Jadi cobalah tanyakan pada diri Anda; Bagaimana saya dapat melakukan pekerjaan saya bagi lebih banyak orang dengan kerja yang lebih sedikit dan dengan harga lebih bagus?.

Pikiran kita merupakan alat daya ungkit kita yang paling hebat. Apa saja yang menurut kita real akan menjadi realitas, pada umumnya. Jika Anda merencanakan untuk membuat rencana pensiun muda dan pensiun kaya, Anda mungkin perlu memperbarui kosakata Anda, dan kalau Anda mengubah kosakata Anda, Anda dapat mempercepat ide-ide Anda.

Bekerja untuk uang umumnya lambat, dan mencari cara untuk menghasilkan uang bisa jauh lebih cepat kalau Anda tahu apa yang Anda lakukan. “Keuntunganmu dihasilkan ketika kamu membeli, bukan ketika kamu menjual.”

Jika Anda ingin mengubah masa depan finansial Anda, salah satu langkah terpenting dan tidak mahal yang dapat Anda lakukan adalah mengetahui definisi kata-kata yang Anda gunakan dengan sungguh-sungguh. Salah satunya rasio kekayaannya, yaitu:
Penghasilan Pasif + Penghasilan Portofolio
----------------------------------------------------------
Pengeluaran Total
“Orang-orang yang tidak menepati perjanjian kecil mereka adalah orang-orang yang tidak dapat dipercaya. Kalau Anda tidak dapat dipercaya dengan perjanjian kecil, orang tidak akan membantumu untuk membuat impian besarmu menjadi kenyataan.” Maka dari itu jagalah integritasmu, “pastikan kata-katamu dan perbuatanmu satu.”

Hari ini adalah kata untuk para pemenang dan besok adalah kata untuk para pecundang. Anda hanya perlu berfokus untuk melayani semakin banyak orang, untuk semakin bermurah hati. Berilah maka Anda akan menerima. Ayah kaya percaya pada hukum saling memberi dan pada gagasan bahwa bermurah hati adalah cara terbaik untuk menjadi sangat, sangat kaya.

Ada kebiasaan-kebiasaan yang membuatmu kaya dan ada kebiasaan-kebiasaan yang membuatmu miskin. Jadi pekerjakanlah pemegang buku, bentuklah tim pemenang, teruslah memperluas konteks dan isi Anda, tetaplah bertumbuh, bersedialah gagal lebih banyak, dengarkan diri-sendiri.

Real estat memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan aset kertas. Kita bisa membeli real estat dengan metode membeli properti 100:10:3:1. Artinya kita menganalisis 100 properti, menawar sepuluh diantaranya, mendapatkan tiga penjual yang berkata ya, dan akan membeli satu.

Berinvestasi tidak harus berisiko sama sekali, kalau Anda tahu apa yang Anda lakukan. Cara yang aman berinvestasi di aset kertas ialah dengan opsi sebagai jaminan. Penting agar Anda menginvestasikan waktu untuk mempelajari cara melindungi aset Anda, terutama kalau Anda berencana menyimpan kekayaan Anda dalam set kertas. Contohnya seperti membeli dan menjual opsi dibanding-kan membeli dan menjual saham, atau jual kosong suatu saham.

Orang orang terkaya di dunia berada di kuadran B, mereka membangun jaringan, bukan mencari pekerjaan. Kalau Anda bisa bekerja dengan orang yang berbeda Anda bisa menjadi kaya melampaui impian Anda yang terliar. Para pemimpin mencari tantangan sedangkan orang-orang lain mencari jaminan kerja. Dalam permainan terkaya di dunia, kepemimpinan merupakan kunci, karena diperlukan seorang pemimpin untuk menjadikan pribadi-pribadi sebagai tim.

Mulailah melihat diri sendiri berada dalam dunia atau realitas di mana Anda sama sekali tidak pernah membutuhkan gaji atau pekerjaan lagi. Semakin bagus Anda memperoleh aset, akan lebih mudah untuk menjadi semakin cepat kaya. Cobalah berbohong tentang masa depan secara positif.

Inilah hal-hal yang saya lakukan secara teratur:
a.       Putuskanlah. Setiap hari saya bangun dan memilih saya ingin menjadi siapa dan apa.
b.      Carilah teman atau orang tercinta yang mau melakukan perjalanan bersama Anda.
c.       Carilah penasihat kompeten dan mulailah membangun tim penasihat keuangan dan hukum Anda sendiri.
d.      Tentukanlah tanggal pensiun. Dudukanlah bersama orang yang Anda cintai, penasihat Anda, dan tentukanlah tanggal pensiun dini Anda.
e.       Tuliskanlah sebuah rencana pada selembar kertas setelah Anda menetukan tanggal pensiun dini Anda.
f.       Rencanakanlah pesta pensiun dini Anda.
g.      Lihatlah satu penawaran per hari. Ingatlah bahwa Anda tidak harus membayar apa-apa untuk membanding-bandingkan.
h.      Ingatlah bahwa semua harga pasar mengikuti tiga kecenderungan utama.
i.        Berbicaralah tentang uang.
j.        Hasilkanlah satu juta dollar dimulai dari nol.

Langkah pertama adalah memutuskan Anda ingin hidup didunia macam apa. Apakah Anda ingin hidup di dunia orang miskin, kelas menengah, atau orang kaya?. Pertanyaannya adalah,“Apa yang ingin Anda lakukan kalau tidak ada risiko dan tidak diperlukan uang untuk menjadi kaya?. Yang harus Anda lakukan hanyalah mengerjakan apa yang harus dikerjakan dengan bakat yang telah diberikan kepada Anda.




Note:
- dikhususkan bagi yang sudah membaca bukunya [sebagai pengingat]
- bagi yang belum membaca bukunya, amat disarankan untuk membacanya [jika tertarik], sebab setiap penulis memiliki cara penyampaiannya sendiri-sendiri.

0 comments:

Post a Comment

 
;