Friday, April 13, 2018

Sinopsis "Kisah Singkat Sahabat Nabi Muhammad II" Bahasa Indonesia


Kisah Singkat Sahabat Nabi Muhammad II

Khabbab bin Arats r.a. merupakan seorang pandai besi, yang ketika baru menerima kebenaran yang dibawa Rasulullah, pergi menemui kaum Quraysi dan mengungkapkan kebahagiaannya akan kebenaran tersebut, membuatnya dihajar habis-habisan. Disusul dengan penyiksaan keras dari kaum Quraysi, hingga membuat Rasulullah iba dan memohonkan keselamatan atas beliau. Rasulullah juga memuji beliau dalam hal bacaan Alqur’an. Di masa Umar, Beliau mendapatkan harta yang banyak, sehingga Beliau membangun rumah dan meletakkan hartanya di sana, memberikannya pada siapa pun yang meminta. Dan di akhir hayatnya Beliau sedih melihat bagusnya kain kafan yang disediakan, teringat akan kain kafan Mush’ab bin Umair.

Khadijah binti Khuwailid r.a. menjadi janda setelah memiliki 2 orang anak dari pernikahannya dengan Abu Halah bin Zurarah. Beliau menikah dengan Rasulullah setelah sempat dinikahi oleh ‘Atiq bin ‘A’id. Pernikahan tersebut dikaruniai putra putri  bernama Alqasim, Abdullah, Zainab, Ruqayyah, Ummi Kulsum, dan Fatimah. Mendapati Rasulullah dipenuhi rasa khawatir sepulangnya dari gua Hira’, Beliau menghibur dan kemudian membawa Rasulullah menemui Waraqah. Beliau merupakan orang pertama yang menerima Islam, dimana Beliau juga menyerahkan seluruh harta dan tenaga untuk mendukung Rasulullah dalam dakwahnya.

Khubaib bin ‘Adi r.a. merupakan orang yang membunuh pemimpin Quraysi, Alharits bin ‘Amir, dalam perang Badar. Rasulullah mengirim Beliau dan 9 orang lainnya untuk mengamati pergerakan Quraysi, dengan ‘Ashim bin Tsabit sebagai pemimpin. Berhadapan dengan Bani Haiyan, Hubaib dan Zaid bin Ditsinnah ditangkap, sementara yang lainnya syahid. Beliau menjadi pelampiasan kaum Quraysi, terutama keluarga dekat Alharits. Dan setelah wafatnya Zaid, Beliau meminta izin shalat, kemudian Beliau disalib dan mendapatkan siksaan-siksaan, hingga seorang Quraysi berkata pada Beliau: “sukakah engkau jika Muhammad menempati posisimu, sementara engkau sehat wal’afiyat?”, maka Beliau menjawab: “Demi Allah, tak sudi aku bersama anak-istriku selamat menikmati kesenangan dunia, sedang Rasulullah tertimpa musibah walau oleh sepotong duri”.

Khalid bin Walid r.a. termasuk Bani Makhzum, yang memiliki tugas penting dalam persenjataan. Beliau menceburkan diri dalam seni peperangan dan seni beladiri. Beliau merupakan salah satu pemimpin pasukan Quraysi dalam perang Uhud, yang berhasil mengambil alih bukit yang ditinggalkan oleh kaum muslimin. Setelah masuk Islam, Beliau banyak kali diangkat sebagai komandan perang dan menunjukkan hasil yang gemilang.

Mush’ab bin Umair r.a. merupakan remaja tampan yang dipenuhi kasih-sayang orangtua. Dan saat menerima Islam, ia dikurung oleh ibunya, hingga akhirnya hijrah ke habsyi. Beliau diutus Rasulullah untuk mengajarkan agama pada kaum Anshar yang melakukan baiat Aqabah. Didampingi As’ad, Beliau menyebarkan Islam di Madinah dengan mengunjungi kabilah-kabilah. Dimana Beliau berhasil mengislamkan Usaid bin Hudlair, disusul oleh Sa’ad, membuat penduduk Madinah berbondong-bondong masuk Islam. Beliau juga dikenal dengan sebutan Mush’ab yang Baik. Beliau menjadi pemegang bendera dalam Perang Uhud, dimana Beliau yang mendapati Rasulullah berada dalam bahaya, segera bertakbir mengacungkan benderanya, sehingga pasukan berkuda datang dan menebas tangannya. Namun Beliau memegang bendera tersebut dengan tangan yang satunya sambil mengucapkan “Muhammad itu tiada lain hanyalah seorang Rasul, yang sebelumnya telah didahului beberapa Rasul”. Tangan yang satunya pun tertebas, sehingga Beliau memegang bendera dengan kedua pangkal lengan didekap ke dada sambil mengucapkan kembali kata-kata sebelumnya. Hingga tombak-tombak menhujam Beliau, dan Beliau pun gugur sebagai Syahid.

Sa’ad bin Muadz r.a. masuk islam di usia 31 tahun dan syahid di usia tersebut. Beliau ikut serta dalam perang Badar dan perang Uhud. Beliau juga ikut serta dalam perang Khandak, dan terkena anak panah pada nadi tangannya sehingga darah mengucur dengan deras, membuatnya dirawat di Masjid. Dan saat Bani Quraidha menyerah setelah dikepung 25 hari, mereka menyerahkan nasib mereka ditangan Beliau, dimana luka yang Beliau derita semakin parah, sehingga Rasulullah mendoakan Beliau.

Sa’id bin Amir r.a. merupakan salah seorang sahabat utama yang selalu mengikuti peperangan dan amat sederhana dalam penghidupannya. Umar meminta Beliau menjadi walikota Homs, Syria, namun segera Beliau tolak hingga Umar memberikan petuah yang membuat Beliau menerima jabatan tersebut. Bersama dengan sang istri, Beliau berangkat ke Homs dengan bekal harta yang diberikan Umar, dimana Beliau menggunakan harta tersebut untuk kebutuhan hidup sederhana dan menyedekahkan selebihnya, sementara Sang Istri menyangka harta digunakan untuk perdagangan. Suatu hari, Umar berkunjung ke Homs dan mendengarkan keluhan masyarakat, dan Beliau memberikan pembelaan yang menunjukkan kedzuhadhan Beliau. Beliau wafat pada tahun ke-20 H.

Salamah bin Al-Akwa’ r.a. merupakan salah seorang yang menerima Bai’atur Ridwan, dan mendapatkan gelar tokoh pasukan pejalan kaki terbaik dari Rasulullah. Beliau selalu mengabulkan permintaan orang-orang yang mengatasnamakan nama Allah. Setelah kematian Utsman, Beliau hijrah ke Rabdzah, dan kembali ke Madinah di tahun 74 H, dimana beberapa hari kemudian Beliau wafat.

Salim, Maula Abu Hudzaifah r.a. merupakan salah satu dari 4 pemegang Kitabullah, dimana Beliau menjadi imam di masjid Quba’. Dalam sebuah ekspedisi dibawah pimpinan Khalid bin Walid, Beliau dengan tegas menegur kesalahan-kesalahan yang dilakukan Khalid, hingga terjadi perdebatan sengit diantara keduanya, dan Rasulullah memuji tindakannya tersebut. Dalam perang Yamamah, Beliau menunjukkan kebulatan tekadnya dengan menebas musuh-musuh, hingga saat peperangan berakhir, Beliau yang tengah sekarat, meminta untuk dibaringkan disamping Abu Hudzaifah.

Salman Al-Farisi r.a. merupakan orang Persia, yang mengusulkan untuk membuat parit dalam Perang Khandaq. Beliau pulalah penemu batu yang telah memancarkan rahasia-rahasia nubuwah ghaib. Beliau yang beragama Majusi, tertarik akan agama Nasrani, dan mengikuti rombongan menuju Syria. Belajar dari seorang Uskup, yang mengarahkannya ke Mosul, lalu ke Nasibin, lalu ke ‘Amuria, lalu Beliau dianiaya di Wadil Qura’ dan dijual pada seorang Yahudi, kemudian Beliau dijual pada yahudi Bani Quraizhah, dan tinggallah Beliau di Madinah. Mendapati kedatangan Rasulullah, Beliau memastikan perkataan Pendeta ‘Amuria, dan kemudian masuk Islam. Beliau di isbatkan sebagai Ahlul Bait oleh Rasulullah, dan digelari Luqmanul Hakim oleh Ali. Beliau hidup zuhud dengan membagi-bagikan seluruh uang tunjangan yang didapatkannya sebagai Amir kota Madain, sementara untuk kebutuhan sehari-hari Beliau menjual keranjang. Menjelang ajal, tak didapati sesuatu pun di ruangan Beliau kecuali sebuah piring dan sebuah baskom.

Shafiyyah binti Huyai r.a. menerima tawaran dinikahi Rasulullah setelah kematian suaminya dalam Perang Khaibar, dimana Walimatul ‘Urs diadakan di Shabba’. Sesampainya di Madinah, Beliau mendapatkan sindiran dari istri-istri Rasulullah, hinga Rasulullah mengungkapkan bahwa Beliau merupakan putri seorang Nabi, dengan paman seorang Nabi, dan suami seorang Nabi.

Suhaib bin Sinan r.a. merupakan putra seorang walikota di Kisra, yang kemudian menjadi budak Romawi hingga dimerdekakan oleh majikannya di Mekkah dan mulai berniaga. Mengetahui hijrah Rasulullah dan Abu Bakar, Beliau segera menyusul, namun dikejar oleh orang-orang Quraysi. Dengan menghadiahkan hartanya, Beliau berhasil memulangkan orang-orang Quraysi dan melanjutkan hijrahnya. Setibanya di Quba’, Rasulullah memberikan sambutan hangat dengan mengatakan “Beruntung perdaganganmu, hai Abu Yahya!”. Mendapati kedermawanan Beliau, Umar memberikan teguran, dimana sebelum wafatnya, Umar menyerahkan pengimaman pada Beliau.

Suhail bin ‘Amar r.a. merupakan orang yang diharapkan Rasulullah untuk membela Islam ketika Beliau menjadi tawanan dalam Perang Badar, dimana Beliau lah yang berhasil melakukan perjanjian Hudaibiyah dengan Rasulullah. Beliau menerima Islam setelah pembebasan kota Makkah, dan berpidato di Makkah seperti pidatonya Abu Bakar sepeninggal Rasulullah. Beliau juga selalu mengikuti peperangan hingga akhirnya syahid dalam perang Yarmuk.

Thufail bin ‘Amr Ad-Dausi r.a. merupakan seorang penyair terkemuka yang diingatkan orang kaum Quraysi akan bahayanya perkataan Rasulullah, membuat Beliau menutup telinga dengan kapas. Namun Allah memperdengarkan sebagian perkataan Rasulullah, sehingga Beliau menerima Islam dan kembali ke Daus menyerukan Islam. Mendapati kaumnya menolak Islam, Beliau menemui Rasulullah agar mendoakan kecelakaan bagi kaumnya, namun Rasulullah mendoakan hidayah dan memeritahkan Beliau untuk menyerukan islam dengan lunak lembut. Beliau kemudian membawa 80 kepala keluarga untuk berbaiat pada Rasulullah yang tengah berada di Khaibar. Beliau mati syahid dalam perang Yamamah, disusul sang anak dalam Perang Yarmuk.

Ubay bin Ka’ab r.a. merupakan seorang anshar yang dipuji Rasulullah atas ilmu yang telah dicapainya, dan dijuluki sebagai pemimpin kaum muslimin oleh Umar. Dimana Rasulullah dititahkan untuk menyampaikan Alqur’an pada Beliau. Beliau tekun beribadah dalam kedzuhudan.

Umair bin Sa’ad r.a. mendapatkan gelar “Tokoh yang tak ada duanya”. Dan ketika mendengar perkataan Jullas yang memperolok Rasulullah, Beliau segera menegur Jullas dan memberitahukan perihal tersebut pada Rasulullah. Jullas menepis tuduhan tersebut dengan mengatasnamakan Allah, sehingga turunlah ayat 74 dari surat At-Taubat. Di masa Umar, Beliau diangkat menjadi Gubernur Homs dan memenuhi undangan Umar ke Madinah dalam keadaan kusut disebabkan kedzuhudannya.

Ummu Habibah, Ramlah binti Abu Sufyan r.a. merupakan seorang wanita yang memeluk Islam meskipun mendapatkan tentangan keras dari sang ayah. Setelah menikah dengan Ibnu Jahsy, Beliau hijrah ke Habasyah hanya untuk mendapati Sang Suami berpaling menjadi Nasrani dan berusaha memaksanya ikutserta. Sepeninggal suaminya, Beliau menerima lamaran Rasulullah melalui Najasyi, sehingga Beliau menjadi seorang Ummul Mukminin.

Ummu Salamah, Hindun binti Zaad ar-Rakbi r.a. diperistri oleh Abdullah bin Abdil-As’ad. Setelah berhijrah ke Habsyah bersama suaminya, Beliau kembali ke Makkah dan kemudian hijrah ke Madinah, dimana di tengah perjalanan Beliau dipisahkan dari suami dan anaknya. Setahun kemudian, Beliau diizinkan untuk melanjutkan hijrah bersama sang anak, dimana Beliau bertemu dengan Ustman bin Thalhah di at-Tan’im yang kemudian mengantarkannya. Sepeninggal Abu Salamah akibat luka dari Perang Uhud, Beliau teringat akan nasehat suaminya dan menolak lamaran para sahabat hingga Rasulullah melamar Beliau. Beliau wafat pada Dzulqadha 59 H dalam usia 84 tahun.

Ummu Sulaim, Rumaisha’ binti Malhan r.a. merupakan golongan pertama yang menerima Islam dari golongan Anshar, membuatnya dimurkai sang suami. Mendapati kematian sang suami, Beliau mengirim putranya, Anas bin Malik, untuk menghambakan diri pada Rasulullah, membuat Abu Thalhah jatuh hati pada Beliau. Dengan mahar Islam, Beliau menikah dengan Abu Thalhah dan dikaruniai anak, dimana ketika Beliau mendapati sang anak meninggal, Beliau memuaskan sang suami sebelum memberitahukan kabar kematian sang anak. Dan adalah Q.S. Al-Hasyr: 9, diturunkan atas Abu Thalhah dan Beliau, dimana Beliau juga mendapatkan jaminan Surga.

Utbah bin Ghaswan r.a. merupakan orang ketujuh dari 7 perintis yang berbai’at setia membela Rasulullah menghadapi Quraysi. Beliau sempat hijrah ke Habsyi dan ikut hijrah ke Madinah, dimana Beliau selalu menyandang panah dan tombaknya. Umar mengirim pasukan muslimin dibawah kepemimpinan Beliau untuk membebaskan Ubullah dari orang-orang Persi, dimana Beliau kemudian mendirikan kota Basrah dan diangkat menjadi gubernur di sana. Menekankan pada kezuhudan, membuat Beliau dimusuhi banyak orang, sehingga setelah menunaikan ibadah Haji, Beliau memohon pada Umar agar diperkenankan mengundurkan diri dari pemerintah. Namun Umar menolaknya, sehingga Beliau berdoa agar tidak dikembalikan ke Basrah.

Utsman bin Mazh’un r.a. merupakan golongan pertama yang menerima Islam. Setelah memimpin rombongan Muhajirin hijrah ke Habsyi, Beliau yang mendengar kabar keislaman Quraysi, segera kembali ke Makkah hanya untuk mendapati penyiksaan, dimana Beliau menolak perlindungan dari Walid. Beliau kemudian berhijrah ke Madinah dan tekun beribadah, dan meninggal sebagai muhajirin pertama di sana, yang kemudian dimakamkan di Baqi’.

Zaid bin Haritsah r.a. menjadi tawanan kaum badui di masa kecil, hingga akhirnya menjadi budak Rasulullah. Beliau menolak tawaran ayahnya yang bermaksud menebusnya, membuat Beliau diangkat sebagai anak oleh Rasulullah. Setelah dinikahkan dengan Zainab, Beliau dinikahkan dengan Ummu Kaltsum. Beliau diangkat sebagai panglima dalam perang Muktah. Dan Aisyah mengungkapkan bahwa “Tidaklah Rasulullah mengirim pasukan yang disertai Beliau, melainkan Beliaulah pemimpinnya”.

Zainab binti Jahsy r.a. yang sebelumnya bernama Barra’ menikah dengan Zaid disebabkan turunnya Q.S. Al-Ahzab 46. Beliau kemudian dinikahkan dengan Rasulullah oleh Allah melalui Q.S. Al-Ahzab 47. Dan adalah Rasulullah bersabda pada istri-istrinya: “Orang yang paling cepat menyusulku diantara kalian adalah yang paling panjang tangannya.”

Zubair bin Awwam r.a. dipersaudarakan Rasulullah dengan Talhah di Makkah, dimana keduanya termasuk golongan pertama masuk Islam dan juga mendapatkan jaminan surga. Mendengar kabar kematian Rasulullah, Beliau membawa pedangnya memastikan kebenaran kabar tersebut, dimana Beliau juga mendapatkan siksaan dari pamannya. Amat banyaklah bekas luka di tubuh Beliau, dimana Beliau merupakan salah satu panglima pasukan dalam Perang Yarmuk. Sementara Talhah menamai anak-anaknya dengan nama para Nabi, Beliau menamai anak-anaknya dengan nama para Syuhada’. Rasulullah mengungkapkan: “Setiap Nabi memiliki pembela, dan pembelaku adalah Zubair bin Awwam”.




Note:
- dikhususkan bagi yang sudah membaca bukunya [sebagai pengingat]
- bagi yang belum membaca bukunya, amat disarankan untuk membacanya [jika tertarik], sebab setiap penulis memiliki cara penyampaiannya sendiri-sendiri.

0 comments:

Post a Comment

 
;